Friday 28 August 2015

INGIN TIDUR LEBIH BERKUALITAS? PAKAI HAMMOCK AJA!

INGIN TIDUR LEBIH BERKUALITAS? PAKAI HAMMOCK AJA!

foto by @photomyeye

Tidur di kasur apalagi yang bermerk memang empuk, tapi ga lebih nyenyak ketimbang tidur siang di ayunan ato hammock di bawah pohon pula,,semiliir angin berhembus,,beuuuh mantaap! Ada loh penelitiannya, bahwa gerakan berayun membuat tidur siang lebih nyenyak dan kualitasnya meningkat hingga setara dengan tidur malam. Tidur yang baik itu bukan dari lama tidurnya tapi dari kualitasnya, kalo kualitas tidur kamu oke, bangunnya pasti segar. Ada lagi menurut Ilmuwan dari Swiss lho, mereka membuktikan bahwa tidur yang berkualitas bisa didapat dengan bantuan Hammock atau ayunan tidur.

"Goyangan membuat seseorang cepat tertidur dan "jauh lebih dalam"," kata Sophie Schwartz, ahli saraf dari The Sleep and Cognition Neuroimaging Lab University of Geneva dalam.

Dalam sebuah eksperimen ia melibatkan 12 pria berusia 22-38 tahun, sebagian diminta tidur siang di ranjang biasa dan sisanya tidur di ranjang berayun.

Seluruh partisipan dikondisikan untuk tidur dalam durasi yang sama yakni 45 menit. Selama tertidur, aktivitas dan spektrum otak para partisipan dipantau dengan seperangkat alat khusus antara lain polysomnography dan electroencephalogram (EEG).

Hasil analisis spektrum otak menunjukkan, partisipan yang tidur dengan ranjang berayun bisa terlelap dalam waktu lebih cepat. Sementara dari pengakuan para partisipan, tidur ranjang berayun dirasakan lebih nyenyak dibandingkan ranjang biasa.

Schwartz menyimpulkan, tidur siang selama 45 menit bisa menyamai kualitas tidur malam jika dilakukan di atas ranjang berayun. Indikatornya adalah lamanya waktu saat otak berada dalam fase N2, yakni fase tidur lelap yang umumnya hanya bisa dicapai pada malam hari.

"Hasil ini sesuai tujuan penelitian kami, yakni melihat apakah efek gerakan bisa membuat tidur lebih nyenyak dan bagaimana mekanisme ini bekerja di otak," ungkap Schwartz dalam laporannya di jurnal Current Biology seperti dikutip dari Medicalnewstoday, Rabu (22/6/2011).

Secara spesifik Schwartz menjelaskan, frekuensi ayunan yang dipakai dalam penelitian itu adalah 0,25 Hz alias 0,25 gerakan/detik. Artinya untuk membuat 1 kali gerakan berayun pada ranjang yang digunakan, butuh waktu rata-rata sekitar 4 detik.

Sementara itu, waktu ideal untuk tidur siang di atas ranjang berayun adalah antara pukul 2-4 siang dengan durasi sekitar 10 menit. Kondisi ini memberikan efek paling optimal, yakni peningkatan konsentrasi dan bisa mengatasi susah tidur pada malam harinya.
Menurut Schwartz, penelitian ini terinpirasi saat melihat bayi tertidur pulas di ayunan. Selanjutnya, para ilmuwan membuat sebuah ayunan tidur untuk memantau gelombang otak manusia saat tertidur.

Penelitian ini telah membuktikan bahwa penggunaan Hammock sangat membantu seseorang, baik remaja atau dewasa, untuk beristirahat maksimal selama tidur siang. Mereka mampu tidur selama 45 menit dengan cepat dan tanpa gangguan. Kini, para peneliti tengah melakukan penelitian lanjutan terkait penggunaan Hammock untuk tidur malam.

So Tunggu apa lagi, saatnya cari hammock sekarang juga. Kamu bakalan bisa merasakan sensasi tidur pulas ala bayi dan bermimpi yang indah.

Untuk order, silahkan

CS ULTIMATE OUTDOOR

WA 089654918726
SMS 0813 2150 9623
pi 74bc7cf5
email : ericaanadasepta@gmail.com

No comments:

Post a Comment