Friday 9 January 2015

TENTANG HAMMOCK

TENTANG HAMMOCK


Ya.. masih tentang hammock, karena sampai saat ini masih ada yang kebingungan soal hammock. Bahkan tadi pagi pun, ada seorang teman yang tengah berkunjung ke rumah masih belum paham apa itu hammock padahal dia sendiri juga termasuk yang suka travelling.

Tak hanya orang dewasa dan remaja saja bertualang di alam bebas semakin digandrungi oleh berbagai kalangan di sekitar kita, termasuk anak-anak. Cukup banyak pilihan bertualang seperti hiking, mendaki tebing ataupun gunung, camping di pulau kosong, atau bahkan jelajah pelosok negeri dengan kendaraan bermotor. Dari semua kegiatan tersebut, umumnya tak lepas dari yang namanya berkemah. Bermalam menggunakan tenda pada saat traveling memang menyenangkan. Hanya saja agak repot karena packingnya yang besar, seperti gambar di bawah ini.




Dewasa ini berkembang sistem camping tanpa menggunakan tenda, yaitu camping menggunakan hammock atau tempat tidur gantung. Pada dasarnya, menggunakan hammock cukup membutuhkan 2 buah pohon (penyangga) untuk mengikat di kedua ujungnya. Tapi selain itu bisa juga di lain tempat, asalkan ada objek yang bisa digunakan untuk penyangga dalam mengikat hammock. Lalu bagaimana ketika hujan? Jangan takut, kita bisa menggunakan terpal anti air atau flysheet sebagai atapnya. Terlebih saat ini banyak produsen hammock yang sudah menyediakan hammock lengkap dengan flysheet nya. Dijamin akan tetap kering saat hujan turun tanpa harus takut genangan air.

hammock flysheet


Menggunakan hammock atau istilah lainnya “hammocking”, semakin populer terutama setelah filosofi "Leave No Trace" diperkenalkan sebagai etika dalam berkegiatan outdoor. Karena hammock lebih mudah dibawa karena berat/massa dan dimensi ukurannya yang mini. Tidak seperti tenda yang jelas membutuhkan ruang lebih di dalam ransel kita. Selain itu, keunggulan lainnya dalam menggunakan hammock saat camping yaitu terhindar dari sakit punggung seperti halnya tidur menggunakan tenda. Berikut ulasan mengenai hammock.
yang di ambil dari berbagai sumber


Ilustrasi Dasar Hammocking:





Nah simple kan? So, mending mana bawa tenda atau hammock? it's your choice guys ^_^ peacee ah hehe, Buat temen-temen yang butuh hammock kualitas yahuudd, cek di mari..


No comments:

Post a Comment